Ciri-Ciri Madu Murni yang Bagus

Ciri-Ciri Madu Murni yang Bagus

Madu merupakan bahan nektar yang diperoleh dari lebah melalui tumbuhan-tumbuhan nektar yang ada disekitarnya. Sebelum menjadi madu murni yang layak dikonsumsi nantinya madu yang berada di sarang lebah tersebut akan melalui beberapa tahapan terlebih dahulu. Tak terpungkiri manfaat madu murni bagi kesehatan sangat beragam berkat kandungan anti-inflamasi serta zat-zat baik di dalamnya tanpa takut akan menyebabkan efek samping yang berarti. Disamping kegunaannya dibidang kesehatan, beberapa pihak juga memanfaatkan kandungan madu dibidang kecantikan wajah dan kulit.

Seiring dengan berjalannya waktu peminat madu murni sangat banyak berkat manfaat yang diberikannya. Namun, sayangnya hal tersebut membuat banyak distributor madu sengaja memproduksi madu palsu untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah. Mengingat hal tersebut semakin marak terjadi membuat Anda harus waspada serta mengetahui dengan seksama tentang ciri-ciri madu murni. Pengetahuan akan tanda khusus madu murni ini juga mampu membantu Anda untuk mendapatkan madu yang berkualitas tinggi. 

Oleh karenanya bagi yang belum mengetahui apa saja kriteria madu murni yang berkualitas, tenang saja tak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini kami hendak mengupas tuntas bagaimana cara mengetahui ciri-ciri madu murni yang berkualitas. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja inilah selengkapnya.

Ciri-Ciri Madu Murni yang Bagus

Tanda-Tanda Madu Murni Berkualitas

1. Memiliki warna coklat keemasan

Ciri madu murni berkualitas yang pertama dapat ditilik melalui warna yang ditampilkan. Umumnya madu murni cenderung tampil dengan warna coklat keemasan namun tidak terlalu gelap.

Tanda khusus yang pertama ini belum dapat Anda jadikan patokan bahwasannya madu yang Anda beli merupakan madu murni. Pasalnya kini sudah banyak sekali produsen madu palsu yang sengaja mencampurkan madu racikannya dengan pewarna yang hampir menyerupai madu murni.

2. Meleleh secara perlahan

Selain dapat ditilik melalui warna, tekstur madu juga dapat dijadikan penanda bahwasannya madu tersebut murni atau tidak. Biasanya madu murni cenderung akan melelah secara perlahan ketika di tempelkan pada tangan. Hal tersebut berbeda dengan madu palsu yang mana akan terasa lebih lengket ditangan, sebab menggunakan bahan dasar gula.

3. Tidak mengandung air

Madu asli berasal dari nektar yang didapatkan lebah dari tanaman disekitar bukan campuran gula dan air yang sangat lengket. Untuk menguji kandungan air pada madu, Anda dapat melakukan uji coba dengan meletakkan setetes madu pada kertas. Apabila kertas tersebut secara perlahan sobek, maka sudah dipastikan bahawasannya madu tersebut memiliki konsentrasi air yang tinggi.

4. Tidak akan membeku

Umumnya madu asli tidak membeku apabila diletakkan pada freser dalam jangka waktu lama, sebab tak ada zat-zat penyususn lain yang dikandungnya. Namun hal tersebut akan bertolak belakang dengan madu palsu yang mana akan cenderung mudah beku ketika diletakkan pada freser dalam jangka waktu tertentu.

5. Tetesan madu tak putus

Madu asli memang cenderung memiliki tingkat kekentalan yang sangat tinggi, tak heran jikalau tetesan madu asli tak akan ada putusnya apabila Anda mencelupkan sesuatu benda didalamnya. Lain halnya dengan madu palsu yang memiliki tingkat kekentalan yang standar karena kandungan airnya yang sangat tinggi.

Bagaimana mudah sekali bukan cara mengetahui ciri-ciri khusus madu murni yang berkualitas?  Nah itulah tadi penjelasan lengkap terkait bagaimana cara mengetahui kriteria madu murni yang berkualitas dengan baik dan benar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Meteor Dragon

Related Posts